Minggu, 18 Desember 2011

Kebugaran » Ekspresi Hidup dalam Hip Hop Yoga

Ekspresi Hidup dalam Hip Hop Yoga 
Salah satu kelas Jules Febre yang memadukan gerakan yoga dengan gerakan menari sesuai irama hip hop

Ekspresi Hidup dalam Hip Hop Yoga 
Jules Febre

Apa jadinya jika olahraga dan kesenangan digabungkan menjadi satu dalam iringan dentuman musik hip hop yang riang? Jules Febre membuktikan kedua hal tersebut bisa digabungkan menjadi satu dalam hip hop yoga.

Lingkungan hidup Jules semasa kecil di Lower East Side, New York City, yang banyak dikelilingi oleh kekerasan, drugs, dan suasana yang penuh dengan kemarahan, membuatnya tertarik untuk mendalami yoga sebagai bentuk penenangan diri.

"Saya sudah akrab dengan hip hop sejak kecil dan saya suka. Selain itu, saya juga ingin membantu orang sekeliling saya untuk bisa menghargai hidup dan menikmatinya dengan cara positif melalui yoga. Yoga tradisional memang banyak manfaatnya, dan saya ingin membaginya kepada anak-anak muda di sekolah, termasuk pada orang-orang di penjara. Namun cara tradisional ini tidak tepat untuk mereka, apalagi dengan musik instrumental," tukas Jules Febre kepada Kompas Female, saat acara Namaste Jakarta International Yoga, Healing & Well-Being Festival di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Minggu (4/12/2011) lalu.

Sebagian besar masyarakat di Amerika memang sangat akrab dengan musik hip hop, sehingga Jules pun menggabungkan gerakan yoga jivamukti yang dianutnya dalam dentuman musik hip hop yang riang. "Musik hip hop punya dentuman dan beat yang dinamis dan teratur, sehingga sesuai dengan jiwa dari gerakan yoga ini," ungkap Jules.

Irama musik hip hop yang digunakan ternyata mampu mematahkan anggapan selama ini bahwa yoga adalah olah tubuh yang membosankan. Yoga asana Jivamukti yang didalami Jules memang memiliki pergantian asana (posisi tubuh) satu menuju asana lain dalam tempo yang cepat dan dinamis, sehingga bisa klop dengan hentakan musik hip hop ini.

Hip hop bagi Jules bukanlah sebuah aliran musik, melainkan lebih merupakan luapan ekspresi seseorang untuk menggambarkan cara hidupnya. Begitu pula dengan yoga, seharusnya yoga bukan hanya menjadi suatu bentuk olahraga atau kegiatan formalitas belaka, tapi juga menjadi penerapan nilai-nilai manfaatnya dalam hidup sehari-hari.

Hip hop asana yoga ini membuat Anda menghasilkan banyak keringat setelah melakukannya. Tak heran jika manfaat yang dirasakan akan mirip dengan olahraga. Manfaat lain yang bisa diperoleh adalah menyegarkan pikiran, menghilangkan beban, membantu meningkatkan konsentrasi, dan menurunkan berat badan.

Jivamukti versi modern
Hip hip yoga ini terinspirasi dari yoga Jivamukti yang didalami Jules. Yoga Jivamukti ini sebenarnya lebih bertumpu pada kekuatan otot, latihan pernafasan, dan keseimbangan tubuh. Setiap pose memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Misalnya untuk posisi headstand (bertumpu dengan kepala) yang bertujuan untuk mengalirkan darah ke kepala sehingga otak bisa lebih segar jika dilakukan dengan rutin.

Dalam hip hop yoga, Jules juga memadukan gerakan yoga dengan sedikit gerakan rileks menari sesuai irama. "Jadi ini lebih mirip seperti menari hip hop, tapi ini juga yoga. Jadi dilakukan dengan rileks dan santai, hanya bergerak mengikuti irama dengan gerakan dasar yoga ditambah sedikit improvisasi gerakan tubuh," bebernya.

Jika sudah sering melakukan yoga, hip hop asana yoga bisa dengan mudah dilakukan. "Semua orang bisa melakukannya sendiri di rumah, dan tidak perlu pelatih khusus untuk melakukannya. Yang paling penting lakukan saja setiap pagi selama 10 menit dengan hati yang senang, tenang, penuh senyum, sehingga aura positif akan bertambah dan menceriakan hati serta pikiran Anda," sarannya.

Untuk menambah aura positif dari hip hop asana yoga ini, lagu hip hop yang dipilih pun tak bisa sembarangan. "Saya hanya menggunakan lagu hip hop yang punya lirik dan pesan positif di dalamnya," ungkap pria yang mengajar di NYC Jivamukti School ini.

Seiring semakin berkembang dan populernya yoga, hip hop asana yoga dinilai lebih menarik untuk anak muda ataupun masyarakat urban di New York karena menggabungkan olahraga, diet, dan kesenangan pada musik hip hop. Aliran yoga Jivamukti juga merupakan menerapkan gaya hidup vegetarian karena konsepnya memiliki jiwa dan keinginan untuk melindungi bumi, lingkungan, dan alam sekitar.

Tak heran jika hip hop asana yoga ini banyak diminati oleh banyak selebriti Hollywood. Heidi Klum, Sting, sampai produser musik Russel Simmons adalah beberapa penggemarnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates